Menikmati Wisata di Gili Trawangan Lombok

Gili Trawangan merupakan pulau yang paling besar dari tiga pulau kecil atau gili yang berada di sebelah barat Pulau Lombok. Gili Trawangan masuk dalam wilayah Kabupaten Lombok Barat. Trawangan memiliki ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan di banding Gili Meno maupun Gili Air. Secara geografis panjang 3 km dan lebar 2 km.

Jika di bandingkan di antara ketiga gili tersebut, Gili Trawangan memiliki fasilitas yang lebih banyak untuk di nikmati wisatawan

Trawangan miliki nuansa ” pesta ” lebih dari pada Gili Meno serta Gili Air, karna banyak pesta sepanjang malam yang tiap-tiap malamnya dirotasi acaranya oleh sebagian tempat keramaian. Kegiatan yang popular dilaksanakan beberapa wisatawan di Trawangan yaitu scuba diving (dengan sertifikasi PADI) , snorkeling (di pantai sisi timur laut) , bermain kayak, serta berselancar. Ada pula sebagian tempat buat beberapa wisatawan belajar berkuda mengitari pulau.

Di Gili Trawangan (demikian halnya di dua gili yang lain) , tidak ada kendaraan bermotor, karna tidak diizinkan oleh ketentuan lokal. Fasilitas transportasi yang umum yaitu sepeda (disewakan oleh warga setempat untuk para wisatawan) serta cidomo, kereta kuda sederhana yang umum ditemui di Lombok. Untuk melancong ke dan dari ke-3 gili itu, masyarakat umumnya memakai kapal bermotor serta speedboat.

Keunggulan Gili Trawangan dibanding dengan pantai lain yaitu kita bisa nikmati sunset dan sunrise sekaligus di pantai ini! Hal semacam ini berlangsung karna Gili Trawangan mempunyai pantai yang menghadap timur serta menghadap barat, serta jaraknya tidaklah terlalu jauh. Hingga baik sunrise ataupun sunset bisa kita nikmati di pantai ini.

Di Gili Trawangan juga kita bisa lihat kesenian bela diri tradisionil yang bernama presean atau stick fighting yang umumnya dipertontonkan di sekitar pasar seni Gili Trawangan.

aktivitas yang bisa dilakukan selama wisata di Gili Trawangan antara lain :

Berenang di Pantai

Namanya juga ke gili, ya tentunya dikelilingi dengan pantai serta air laut yang jernih, bersih dengan warna birunya yang berdegradasi dari mulai biru keputihan di pinggir pantainya yang berpasir putih, selanjutnya jadi biru muda serta makin menjorok ke arah laut jadi warnanya juga jadi biru tua dengan kedalaman yang makin tinggi. Bila tengah berenang, cermati batasan ruang pinggir pantainya yang memanglah diijinkan untuk berenang, umumnya diikuti dengan tali-tali serta balon-balon kecil yang mengambang diatas air laut yang mengisyaratkan batasan lautnya yang makin dalam serta beresiko. Jangan pernah melalui batasan itu!

Water Sport

berolahraga serta permainan air. Disepanjang pantai Gili Trawangan banyak agen-agen travel ataupun hotel-hotel yang tawarkan paket water sport ini, dari mulai Banana Boat, Seperti, Jet Ski, Mancing, Water Skiing, Paddle Board, Surfing, dsb. Tinggal milih mana yang disenangi serta pastinya sesuai dengan biaya yang kita punyai.

Snorkeling

Spot snorkeling yang terbagus yaitu lewat cara hopping island ke 3 gili yakni Gili Trawangan, Gili Meno serta Gili Air. Mengapa mesti hopping island? karna sayang bila hanya menikmatinya di Gili Trawangan saja sedang 2 gili yang lain yakni Gili Meno serta Gili Air tempatnya dekat sekali dengan Gili Trawangan, dapat diliat segera dari pinggir pantai Gili Trawangan. Nah ada 2 langkah untuk dapat nikmati snorkeling di 3 gili ini yakni dengan turut tour hopping island di mana kita gabung dengan beramai-ramai dengan peserta yang lain dalam satu boat yang sama serta juga akan diantar menuju spot-spot snorkeling. Atau mungkin dengan langkah menyewa boat dengan private untuk menuju ke 3 gili itu, pastinya dengan harga yang lebih mahal karna 1 boat digunakan sendiri dengan private.

Diving

Jika telah mempunyai license diving, dapat segera order untuk join diving di Dive Center yang banyak bertebaran di selama Gili Trawangan ini. Tapi janganlah kawatir bila belum juga mempunyai license tapi menginginkan coba diving disini, dapat ambil paket Discovery Scuba Diving. Untuk paket fun dive ini umumnya kita juga akan di training sepanjang lebih kurang 2 jam, baik teori ataupun praktik segera coba memakai perlengkapan diving serta latihan diving di kolam renang yang memanglah telah disediakan untuk latihan diving di Dive Centernya. Oiya, cost divingnya janganlah lupa untuk nego ya, karna umumnya tarif diving untuk wisatawan lokal semakin lebih murah di banding untuk wisatawan asing. Lumayan dapat irit sebagian ratus ribu loh!

Bersepeda

Keliling Gili : ketentuan yang diaplikasikan di gili-gili ini yaitu tidak diperbolehkan ada kendaraan bermotor, hingga hanya satu kendaraan yang bisa hilir mudik di gili hanya sepeda serta cidomo. Sewalah sepeda serta coba menelusuri semua pelosok Gili Trawangan, bahkan juga bila mampu, kelilingi saja gilinya agar senang. Informasi dari guide saya, cuma butuh meniti jarak sekitaran 7, 5 km untuk melingkari Gili Trawangan ini, gampang bukan?

Naik Cidomo

Cidomo yaitu andong yang ditarik oleh kuda serta dikendarai oleh kusir, orang-orang sekitaran Gili Trawangan mengatakannya cidomo. Jadi terkecuali sepeda, ada pula cidomo yang diijinkan hilir mudik di gili ini. Kita dapat menyewa cidomo untuk berjalan-jalan mengelilingi semua Gili Trawangan. Biayanya lumayan mahal juga sich sekitaran Rp 150 ribu (th. 2013) untuk keliling gili. Cidomo ini jadi kendaraan pengangkut barang atau koper kita waktu baru merapat ke gili serta mengantarkan kita ke hotel. Tapi ya itu barusan, tarifnya yang cukup mahal mungkin saja pertimbangan kita untuk membawa barang bawaan sendiri bila tidak berat serta jalan tidaklah terlalu jauh untuk hingga ke hotel. Bila terlanjur membawa barang banyak serta tidak kuat mengangkutnya, terlebih bila jarak hotel dengan dermaga kapal cukup jauh, ya gunakanlah cidomo.

Jalan Enjoy atau Lari

Untuk pengagum berolahraga jogging atau lari, waktu yang pas untuk mengerjakannya yaitu pada pagi hari waktu mendekati sunrise maupun di sore hari waktu mendekati sunset, karna pada bebrapa waktu berikut matahari tidaklah terlalu panas menyengat hingga begitu fresh untuk beraktivitas itu sambil mengelilingi jalan setapak di selama gilinya. Oiya janganlah lupa membawa sepatu kets serta topi supaya tambah nyaman mengerjakannya.

Photografi

Bila untuk yang satu ini dapat saya akui tentu tidak akan kehabisan object untuk difoto, baik disisi daratnya (bagian pulau) , bagian pantai serta lautnya, ataupun bagian underwaternya, semua dapat diabadikan dengan camera yang kita punyai.

Berkuda

Sekarang ini ada 2 istal yang paling populer di Gili Trawangan yakni Sunset Stables serta Stud Stables. Kita bisa mengatur acara berkuda yang kita kehendaki, apakah start dari hotel tempat bermalam maupun dengan berkunjung ke istal itu. Rata-rata tarif yang dipakai sekitaran Rp 250 ribu atau 25 US $ /jam nya. Seru juga bukanlah, dapat berkuda di pinggir pantai ditemani deru ombak serta angin sepoi-sepoi.

Wisata Kuliner

Buat yang memanglah tidak sukai berjalan-jalan karna tidak mau kepanasan oleh sinar matahari yang lumayan panasnya di gili ini, dapat cobalah kongkow-kongkow di cafe serta bar yang bertebaran disepanjang pantai Gili Trawangan ini. Sebagian besar cafe serta barnya menyuguhkan menu serta masakan asing, dari mulai menu makanan Amerika, Eropa, Chinese Food, Irlandia, dsb. Harga yang dibanderol juga lumayan mahal, sama dengan cafe serta bar untuk wisatawan asing, minimum sekali makan sekitaran Rp 100 beberapa ribu. Tapi janganlah cemas, ada pula restoran Padang serta sebagian warung yang sediakan makanan ciri khas Indonesia, juga ada banyak gerobak penjual juice buah, rujak serta ice krim yang dapat kita nikmati. Oiya, pada malam-malam spesifik kita dapat juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *