TOMMY PUN BERBISNIS DI LOMBOK

Sebuah negara bila menginginkan perekonomiannya baik, maka masyarakat atau warga negaranya harus banyak sebagai wirausaha. Sebagai gambaran wirausaha di Indonesia mencapai 1,56% dari jumlah penduduknya, sementara Singapura adalah 7%, China dengan penduduk 1,2 milyar, wirausahanya pada angka 10% atau sekitar 120 juta wirausaha. Sedangkan di kawasan  ASEAN rata-rata wirausaha berkisar  4%. Pada system pendiidkan Strata 1 tidak menyiapkan lulusannya menjadi pencari kerja, melainkan menciptakan lapangan pekerjaan. Demikian yang dilakukan lulusan Universitas Brawijaya MAlang, Tommy namanya.  Tommy pun berbisnis di Lombok sebagai wirausaha mandiri.

Tommy merupakan salah satu contoh negerasi muda saat ini yang sebagian besar menginginkan usaha mandiri selepas kuliah. Pola pikir bahwa bekerja adalah sebagai karyawan dan atau pegawai negeri lambat laun telah ditinggalkan kaum muda. Ini adalah langkah baik bagi kemajuan sebuah bangsa dan negara.

Tommy menjalankan bisnis ini sejak menyandang predikat mahasiswa Unibraw Malang. Usaha online ditekuninya. Dengan modal yang tidak seberapa besar mampu di kembangkan hingga yang bersangkutan mampu mandiri.

Selepas menuntaskan pendidikannya di Tehnik Sipil Hidro Fakultas Tehnik Universitas Brawijaya, Tommy pun berbisnis di Lombok sebagai tanah kelahirannya. Dia menjalankan bisnis aksesoris Hp yang menjadikannya memperoleh kebebasan finansial. Saat ini dia mampu membeli 2 kendaraan berupa sedan Audi dan Hyundai keluaran terbaru.  Kebebasan finansial tidak diperoleh jika dia menjadi seorang pencari kerja.

TOMMY pun BERBISNIS DI LOMBOK
Momen saat Tommy mempersunting Athira

Dengan jiwa kemandirian dan didukung kemampuan finansial maka wirausahawan muda, Tommy Sugiarto telah mempersunting Athira Paramawidha, seorang pegawai Bank Bukopin Cabang Mataram.

Keuntungan wirausaha 1.Meningkatkan harga diri; 2.Memperoleh penghasilan untuk diri sendiri. 3.Ide dan motivasi yang timbul untuk maju lebih besar; 4.Masa depan yang menjanjikan.

Jurus awal menjadi seorang wirausaha

1.Berani memulai, tidak perlu menunggu besok, nanti atau lusa.

2.Berani menanggung risiko, tidak perlu takut mengalami kerugian

3. Penuh perhitungan,  setiap tindakan yang dilakukan penuh perhitungan dan pertimbangan yang matang. Jangan sampai bertindak gegabah dalam melangkah atau mengambil keputusan.

4. Memiliki rencana yang jelas  seorang entrepreneur harus mampu menyusun suatu rencana sekarang dan ke depan sebagai pedoman dan alat kontrol

5.Tidak cepat puas dan putus asa  seorang pengusaha dituntut untuk selalu haus kemajuan dan selalu merasa kurang, kemudian pantang menyerah apalagi berputus asa.

6.Optimis dan penuh keyakinan  setiap tindakan harus selalu diiringi dengan sikap optimis dan penuh keyakinan karena ini merupakan motivasi untuk melangkah maju.

7.Memiliki tanggung jawab ,  seorang pengusaha selalu bertanggung jawab terhadap aktivitas yang dilakukan terhadap semua pihak.

8.Memiliki etika dan moral sebagai benteng untuk berwirausaha agar menjadi sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *