TEMPAT WISATA DI MATARAM LOMBOK

Tempat wisata di Mataram cukup beragam, cukup satu hari anda bis mengunjungi 5 tempat yang wajib di singgahi jika berada di Kota Mataram, yakni :

Tempat wisata di Mataram
Pura Meru di Cakranegara

1. PURA MERU
Tempat wisata di Mataram yang persis di tengah kota adalah Pura Miru.  Pura Meru, pura Hindu terbesar di pulau Lombok. Pura ini menjadi saksi sejarah bahwa wilayah Pulau Lombok pernah berdiri kerajaan Hindu.  Pura Maru dibangun oleh Anak Agung Ngurah Karangasem pada tahun 1720.
Pura Meru terbagi dalam tiga bagian. Bagian pura yang paling suci adalah Utama Mandala. Pura ini merupakan tempat bagi umat Hindu untuk beribadah. Didalamnya terdapat 33 Sanggah yang berwarna putih. Sanggah-sanggah tersebut merupakan simbol dari 33 desa yang ikut membantu Anak Agung Made Karangasem dalam mendirikan Pura Meru.

Tempat wisata di Mataram
bale kambang taman mayura

2. TAMAN MAYURA
Taman ini adalah bukti sejarah tentang berdirinya kerajaan Karangasem di Lombok. Nama Mayura berasal dari bahasa  bahasa Sansekerta yang berarti burung merak. Pada waktu itu, masih terdapat banyak ular yang berkeliaran maka dipeliharalah burung merak untuk mengusir  ular tersebut.   Keberadaan burung merak cukup membantu dalam mengusir ular-ular tersebut. Sehingga masyarakat dapat berdoa dengan tenang. Sejak saat itu, nama “Mayura” mulai dipakai dan dikenal.
Di taman ini Anda akan menemui betapa sejak dahulu kala semangat perbedaan sudah ada dipelihara oleh raja-raja Singasari dan Mataram. Bale Kambang atau bangunan terapung di tengah kolam Taman Mayura menceritakan hal itu. Dalam Bale Kambang kita akan menjumpai patung-patung yang bercirikan Muslim, Cina, dan Jawa. Patung yang mencirikan Muslim berada di bagian Barat, timur dan utara Bale Kambang bersebelahan dengan bangunan linggih yang kental corak Hindu Balinya. Pada saat itu, Bale Kambang dipakai untuk mengadili suatu perkara pada jaman penjajajahan Belanda.
3. MUSEUM NTB
Tak lengkap rasanya jika berlibur ke Mataram tanpa mengunjungi Museum Negeri Nusa Tenggara Barat. Museum ini menyimpan banyak sekali benda-benda bersejarah yang amat penting bagi perkembangan kota Mataram. Lokasinya berada di Jalan Panji Tilar Negara Tanjung Karang, kecamatan Ampenan.
Beberapa koleksi yang bisa traveler jumpai di dalam museum antara lain keris bergagang emas, ribuan naskah kuno yang ditulis pada daun lontar, jenis-jenis mata uang kuno, kerajinan suku Sasak dan tak ketinggalan adanya buaya muara sepanjang 4 meter yang diawetkan. Museum ini buka setiap hari kecuali Senin mulai pukul 8 pagi waktu setempat.
4. MAKAM LOANG BALOQ
Tempat wisata di MataramMakam Loang Baloq, merupakan  Tempat wisata di Mataram yang letaknya berada di kawasan Ampenan atau lebih tepat berada di kelurahan Tanjung Karang. Tempat ini merupakan kompleks pemakaman di mana ada 3 makam yang dikeramatkan oleh warga yang masing-masing dipercaya sebagai makam ulama besar dari Jazirah Arab Maulana Syech Gaus Abdurrazak, makam anak yatim dan makam Datuk Laut. Makam ini memang sengaja dirawat sebagai upaya mengenang jasa Maulana Syech Gaus Adurrazak yang diyakini sebagai salah satu tokoh penyebaran agama Islam di Lombok. Kawasan Makam Loang Baloq berada tepat di pinggir pantai Tanjung Karang dan hanya terpisah oleh jalan raya saja. Traveler bisa sekalian bermain ke pantai yang identik dengan deretan pohon kelapa ini.
5. PUSAT MUTIARA SEKARBELA

Tempat wisata di Mataram
Sekarbela, pusat kerajinan mutiara di Lombok

Tempat wisata di Mataram surga bagi pecinta perhiasan khususnya kaum wanita adalah pusat mutiara Sekarbela.
Kelurahan Sekarbela terkenal dengan kerajinan mutiara, emas dan perak. Banyak pilihan untuk mendapatkan mutiara Lombok, maupun kerajinan emas dan perak di sepanjang jalan di Sekarbela. Anda bisa juga mengunjungi pusat penjualan mutiara yang berada diujung masuk Sekarbela.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *