Sumbawa Segera Wujudkan Bendungan Beringin Sila

Bendungan Beringin Sila sangat dinantikan oleh petani Sumbawa khususnya wilayah kecamatan Utan. Bendungan tersebut akan menjadi harapan para petani setempat untuk meningkatkan produksi pertaniannya terutama jagung. Pasalnya masih banyak lahan yang belum tergarap dan diolah secara maksimal. Dengan keberadaan bendungan tersebut, dipastikan lahan tanam semakin luas.

Kabupaten Sumbawa memiliki lahan pertanian yang cukup luas. Meliputi luas baku lahan sawah 56.191 Ha, luas baku lahan bukan sawah 114.566 Ha. Dalam rangka mendukung program swasembada pangan padi, jagung, dan kedelai (pajale) Realisasi tanam 3 komoditi utama sampai dengan pertengahan 2016 adalah padi 86.774 ha (83,21%) dari total sasaran 104,281 ha, jagung 74.256 ha (129,13%) dari total sasaran 57,503 ha, dan kedelai 4.843 ha (64,66%) dari total sasaran 7.490 ha.

Bendungan Beringin Sila sangat penting artinya bagi Sumbawa yang merupakan lumbung pangan nasional. Dengan di bangunnya Bendungan tersebut akan meningkatkan jumlah lahan pertanian untuk mendapat pengairan yang akan meningkatkan kuantitas maupun kualitas hasil pertanian.

Pembangunan bendungan Beringin Sila merupakan progam pembangunan infrastruktur sumber daya air di tahun 2018. Salah satunya adalah prioritas pembangunan dua bendungan baru dan melanjutkan pembangunan dua bendungan yang saat ini sedang berjalan.

Dua bendungan penting yang akan dibangun itu adalah Bendungan Beringin Sila di Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa dan Bendungan Meninting di Narmada, Lombok Barat. Selain itu juga akan dilanjutkan pembangunan Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan Dam Rababaka Kompleks di Dompu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *