Penyakit Hirschsprung Berpotensi pada Bayi

Penyakit Hirschsprung Berpotensi pada Bayi Penyakit Hisprung atau Hirschsprung Disease yaitu satu keadaan langka yang mengakibatkan feses jadi terjerat didalam usus besar. Hal semacam ini berlangsung karna ketiadaan beberapa sel saraf di otot-otot beberapa atau semua usus besar bayi karena sistem perkembangan janin yg tidak prima dalam kandungan.

Bayi baru lahir yang mempunyai Megacolon congenital, nama beda penyakit Hirschsprung, juga akan alami kesusahan buang air besar, tinja banyak tertahan dalam usus besar hingga tampak perutnya membuncit. Keadaan ini kadang-kadang memudahkan terjadinya infeksi usus serius yang dimaksud enterocolitis bila tidak diidentifikasi serta diobati mulai sejak awal.

Oleh karenanya, saat penyakit Hirschsprung di ketahui, jadi juga akan dikerjakan perlakuan berbentuk pembedahan sesegera mungkin saja.

Tanda Penyakit Hirschsprung

Tanda penyakit Hisprung umumnya tampak selekasnya sesudah bayi baru lahir, walau terkadang keadaannya tidak terang hingga anak berumur satu atau dua satu tahun terutama pada masalah yang enteng.

Sinyal tanda Hirschsprung pada bayi baru lahir mencakup :

  1. Tidak keluarnya mekonium kurun waktu 48 jam, mekonium yaitu feses bayi yang sudah ada pada saluran cerna bayi mulai sejak dalam kandungan, warna kehitaman agak hijau yang wajarnya keluar selekasnya sesudah lahir.
  2. Perut membuncit
  3. – Muntah cairan hijau (empedu)


Sinyal tanda Hisprung pada bayi yang semakin besar serta anak-anak termasuk juga :

– Perut buncit serta sakit perut
– sembelit terus-menerus yg tidak lebih baik dengan perawatan umum
– Tidak ingin makan atau minum banyak

Bila anak telah alami penyulit berbentuk infeksi usus (enterokolitis), jadi tanda yang keluar berbentuk kenaikan suhu badan (demam) serta buang air besar encer berbau busuk.

Kunjungi dokter bila anak meningkatkan beberapa gejala yang diterangkan diatas. Penyakit Hirschsprung dapat serius bila tidak dikerjakan, jadi perlu untuk memperoleh pertolongan secepat-cepatnya. Bila dokter mencurigainya, jadi anak juga akan dirujuk ke rumah sakit untuk kontrol selanjutnya manfaat menegakkan diagnosis.

Bagaimana penyakit Hirschsprung didiagnosis?

Perut anak juga akan di check serta kadang-kadang juga dibutuhkan kontrol rektal yakni pemeriksa memasukkan jari ke sisi belakang (anus) untuk rasakan ada kelainan. Setelah itu, jika penyakit Hirschsprung dicurigai, jadi dibutuhkan kontrol rongsen (X-ray) untuk lihat ada penyumbatan serta benjolan di usus.

Diagnosis bisa di konfirmasi dengan lakukan biopsi, yaitu pengambilan sedikit jaringan usus besar yang terserang untuk lalu di check dibawah mikroskop manfaat lihat apakah beberapa sel saraf memanglah tidak ada.

Penyebabnya Penyakit Hirschsprung

Otot-otot usus dikendalikan oleh beberapa sel saraf yang dimaksud sel ganglion. Pada penyakit Hirschsprung, beberapa sel ganglion ini hilang dari sisi akhir usus, membentang sampai anus, saat tak ada saraf, jadi sisi ini memiliki ukuran kecil karna tidak bisa mengembang jadi mengakibatkan feses tidak bisa melaluinya. Feses juga akan tertahan serta menumpuk pada usus besar dibagian terlebih dulu.

Mengapa sel saraf tidak berkembang?

Sel saraf memanglah tidak berkembang di daerah itu saat bayi tumbuh didalam rahim. Tetapi sayangnya, tidak terang kenapa hal semacam ini berlangsung, serta tidak ada hubungannya dengan rutinitas yang ibu kerjakan saat hamil.

Beberapa gen diidentifikasi berkaitan penyakit Hirschsprung, oleh karena itu kadang-kadang penyakit ini berlangsung dalam keluarga. Bila Anda telah mempunyai anak dengan penyakit hisprung terlebih dulu, jadi Anda lebih mungkin saja untuk mempunyai anak dengan problem yang sama. Keadaan ini terkadang sisi dari satu keadaan genetik yang lebih luas, seperti sindrom Down, namun umumnya masalah tidak.

Perawatan Penyakit Hirschsprung

Semuanya anak-anak dengan penyakit Hirschsprung juga akan membutuhkan pembedahan jadi hanya satu perlakuan yang baik.

Preoperasi

Sebelumnya dikerjakan di operasi, bayi mesti disiapkan :
a. Berhenti menyusu karna bayi telah diberi cairan segera ke pembuluh darah lewat infus.
b. Juga akan dikerjakan pemasangan pipi berbentuk tabung elastis yang melalui hidung menuju lambung dengan maksud untuk kuras cairan serta udara yang mengumpul di dalamnya.
c. Pembersihan feses dengan teratur, dimana tabung tidak tebal dimasukkan kedalam anus serta air garam hangat dipakai untuk melunakkan serta bersihkan feses yang terjebak.
d. Pemberian antibiotik bila alami enterocolitis.

Anak Anda mungkin saja butuh tinggal dirumah sakit sampai kini, atau Anda mungkin saja bisa melindungi mereka dirumah. Dokter Anda juga akan memberitahukan Anda mengenai hal semacam ini.

Operasi

Beberapa besar bayi juga akan melakukan operasi dengan tehnik “pull-through“, dimana sisi usus yang terserang dibuang serta sisi usus sehat yang tersisa juga akan disambungkan. Hal semacam ini umumnya dikerjakan saat mereka berumur sekitaran tiga bulan.

Bila anak kurang baik untuk melakukan prosedur ini – umpamanya, karna alami enterocolitis atau penyumbatan kronis – jadi direncanakan untuk melakukan operasi dalam dua step.

Step pertama ; sekian hari sesudah lahir, dokter bedah juga akan mengalihkan usus lewat lubang sesaat (stoma) buatan pada perut. Prosedur ini dimaksud kolostomi. Kotoran juga akan melalui lubang itu hingga mereka cukup baik untuk melakukan prosedur beda (step ke-2) untuk menghapus sisi usus yang terserang, tutup pembukaan, serta memadukan sisi usus yang sehat bersama. Hal semacam ini umumnya dikerjakan di sekitaran umur tiga bulan.

Resiko operasi

Tak ada prosedur operasi yang bebas resiko. Demikian halnya operasi pada penyakit Hirschsprung ini, sebagian resiko kecil yang dapat berlangsung diantaranya :

– perdarahan sepanjang atau sesudah operasi.
– usus terinfeksi (enterocolitis).
– isi usus bocor ke pada badan, yang bisa mengakibatkan infeksi serius (peritonitis) bila tidak dikerjakan secara cepat.
– usus jadi menyempit atau terhalang sekali lagi, memerlukan operasi selanjutnya.

Pemulihan dari operasi

  • Sesudah operasi Hirschsprung usai, anak butuh untuk tinggal dirumah sakit sepanjang sekian hari. Mereka juga akan di beri obat pembasmi rasa sakit untuk buat nyaman serta cairan ke pembuluh darah lewat infus hingga bisa konsumsi makanan sendiri.
  • Tak ada diet spesial yang dibutuhkan sesudah tiba dirumah, namun perlu supaya mereka minum banyak cairan waktu mereka sembuh.
  • Anak mesti sembuh dengan baik serta perut mereka mesti berperan dengan normal sesudah operasi.
  • Awal mulanya mereka mungkin saja juga akan alami rasa sakit saat buang air besar.
  • Umumnya anak dapat keluarkan tinja normal serta mempunyai peranan usus normal sesudah operasi, walau mungkin saja memerlukan saat sedikit lebih lama.
  • Sebagian mungkin saja alami sembelit terus-menerus serta mesti ikuti diet tinggi serat serta ambil obat pencahar. Dokter juga akan memberitahukan mengenai perawatan ini.
  • Selekasnya hubungi dokter bila anak meningkatkan problem seperti perut bengkak, demam, atau diare berbau busuk.Bersumber dari : Penyakit Hirschsprung pada Bayi – Mediskus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *