PELUANG BISNIS YOGURT YANG MENJANJIKAN

Yogurt adalah satu diantara olahan susu yang diolah lewat fermentasi dengan menambahkan kultur organisme yang baik, satu diantaranya yakni bakreri asam laktat.

Di pasaran yoghurt terdiri dari dua type, yakni :

– yogurt plain, yakni yoghurt tanpa ada rasa penambahan,
– drink yogurt, yakni yoghurt plain yang sudah ditambahkan perasa penambahan, seperti rasa strobery, jeruk, mangga, atau leci.

Dinilai dari kandungan gizinya, yoghurt tidak kalah dengan beberapa produk susu Iainnya. Bahkan juga terdapat banyak keunggulan yoghurt yg tidak dipunyai oleh susu murni, salah satunya sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang peka pada susu (yang ditandai dengan diare) karna laktosa yang terdapat pada susu biasa telah disederhanakan dalam proses fermentasi pembuatan yoghurt.

Apabila di konsumsi dengan teratur, yoghurt bahkan juga dapat menghalangi kandungan cholesterol dalam darah karna minuman ini memiliki kandungan laktobasilus. Selain itu, yoghurt dapat juga meningkatkan ketahanan badan karna memiliki kandungan banyak bakteri baik, hingga dengan automatis bisa menyeimbangkan bakteri jahat yang ada pada badan.

Dengan demikian banyak faedah yang dimilikinya, tidak heran bila saat ini makin banyak saja orang yang teratur konsumsi yoghurt. Keadaan ini dapat Anda menjadikan kesempatan usaha yang begitu menjanjikan. Satu diantara langkahnya yaitu dengan membangun kedai khusus yoghurt.

Gambaran Bisnis Yoghurt

PENDAFTARAN SB1MBahan Baku Cream susu serta susu cair murni adalah dua bahan paling utama yang perlu disiapkan bila Anda menginginkan membuat yoghurt. Ke-2 bahan ini dapat dengan gampang Anda beli di supermarket atau pasar tradisionil. Diluar itu, Anda juga memerlukan bibit yoghurt. Bahan ini tidak di jual dengan bebas di pasaran.

Oleh karenanya, bila Anda alami kesulitan untuk mcndapatkannya, Anda dapat menggantinya dengan plain yoghurt siap pakai. Beberapa bahan lain yang tidak kalah pentingnya adalah sari buah bermacam rasa.
Saat penyajiannya, Anda dapat juga beri tambahan meses, choco chips, serta potongan buah-buahan.

Lokasi

Sebagian besar customer yoghurt adalah anak-anak serta remaja. Oleh karenanya, tempat yang paling sesuai untuk mendirikan usaha yoghurt adalah di sekitaran sekolah, tempat les serta pelatihan, dan universitas. Biasanya, orang paling sukai konsumsi yoghurt jadi minuman ringan waktu santai atau berkumpul dengan keluarga.

Mengingat tempat rekreasi serta mal seringkali jadikan tempat bersantai serta kumpul keluarga, usaha ini sangat pas didirikan di ke-dua tempat itu.

Peralatan Bisnis Yogurt

Bila menginginkan buka usaha yoghurt, peralatan yang Anda perlukan diantaranya etalase, kompor serta tabung gas untuk memanaskan adonan yoghurt, blender untuk mencampurkan yoghurt dengan bahan yang lain, panci, almari es untuk tempat menaruh yoghurt yang telah jadi, serta wadah kaca untuk menyimpan adonan yoghurt siap gunakan.

Selain itu, diperlukan juga gelas saji serta sendok dan meja serta kursi untuk beberapa konsumen yang menginginkan menikmati segera yoghurt pesanan mereka.

Resiko Bisnis Yogurt

Yoghurt termasuk juga kedalam grup makanan/minuman yg tidak dapat bertahan lama. Oleh karenanya, resiko yang kerapkali dihadapi usaha ini adalah bila yoghurt tidak habis terjual. Anda mungkin menaruh yoghurt di Iemari es atau frezer tapi mutunya pastinya akan alami penurunan karna telah tidak fresh sekali lagi. Untuk hindari resiko ini, Anda mesti bebrapa pandai mempertimbangkan jumlah yoghurt yang telah pastinya akan habis terjual.

Karyawan

Bila Anda merencanakan jual yoghurt di satu kedai, lengkap dengan beragam sarana untuk mendukung kenyamanan pembeli—misaInya meja serta kursi, kehadiran seseorang karyawan juga akan begitu Anda perlukan. Nanti, karyawan berikut yang juga akan menolong Anda melayani konsumen serta melindungi kebersihan kedai. Tetapi, bila Anda cuma menginginkan buka usaha yoghurt rumahan atau menjualnya lewat cara berkeliling-keliling dari sekolah ke sekolah atau dari satu obyek wisata ke obyek wisata yang lain, Anda cukup menggerakkan usaha seseorang diri.

Promosi

Jual yoghurt di bazar-bazar sekolah serta universitas atau pameran-pameran kuliner dapat jadi tempat mempromosikan usaha yang efisien untuk yang buka kedai yoghurt. Langkah berpromosi yang paling baik yaitu dengan menebarkan brosur atau leaflet di sekitaran kedai. Anda dapat juga membagikannya pada orang—orang yang lewat dimuka kedai.
Harga Yoghurt

Mengingat langkah pcmbuatannya yang cukup mengambil alih tenaga serta saat, satu gelas/seporsi menu yoghurt dapat dihargai cukup tinggi bila di banding type minuman yang lain. Seporsi yoghurt plain dengan tapping buah—buahan dapat dihargai Rp10. 000—Rp12. 000. Sedang bermacam minuman yoghurt rata-rata harga nya adalah Rp8. 000—Rp15. 000 per jumlah. Pemilihan harga ini sangat bergantung pada tempat usaha. Yoghurt yang di jual di universitas atau sekolah umumnya dihargai lebih murah dari pada yang di jual di mal atau obyek wisata.
Sumber : kampungwirausaha. com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *