AYO BERLIBUR KE PANTAI PINK LOMBOK

PANTAI PINK
Perpaduan warna di pantai Pink

Pantai Pink Lombok saat ini menjadi trend wisatawan yang berkunjug ke Pulau Lombok. Pasir pantai Pink tidak selalu berwarna pink, biasanya terlihat pink bila air laut pasang dan saat matahari bersinar terik. Nama sebenarnya adalah Pantai Tangsi dengan panjang sekitar 1,5 Km dengan luas bibir pantai 6 meter di kelilingi perbukitan yang membentuk teluk-teluk kecil dan di lautnya terdapat beberapa pulau-pulau kecil yang di sebut gili.

Untuk mencapai pantai pink yang terletak di desa Sekaroh kecamatan Jerowaru kabupaten Lombok Timur dapat dicapai dengan berbagai cara. 

1. Transportasi umum, jika dari Mataram, perjalanan di mulai dari terminal Mandalika di Bertais Kota Mataram menuju pasar Jerowaru, kemudian menuju pertigaan Tanjung Ringgit dan mengikuti jalan ke arah pantai yang asih belum mulus jalannya. Estimasi waktu 4 jam dari Mataram.
2. Kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan pribadi disarankan melewati Jalan Raya Mantang 76,4 Km, estimasi waktu 2 jam 28 menit dari Senggigi.
3. Perahu. Jika anda senang menggunakan perahu maka dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi   menuju pelabuhan Tanjung Luar, kemudian menggunakan perahu umum yang bisa di sewa. Tersedia beberapa paket tidak hanya mengunjungi pantai Pink saja.
4. Paket wisata. melalui Jalan Raya Bypass Bandara Internasional Lombok 79,4 Km, estimasi waktu 1 jam 52 menit, kemudian menggunkan perahu ke pantai pink harga sudah termasuk sewa boat pribadi.

Untuk menuju pantai Pink Lombok Timur menggunakan perahu, perjalanan wisata  akan menuju ke Pelabuhan Tanjung Luar terlebih dahulu. Disini para wisatawan akan menaiki sebuah perahu tradisional.Pelabuhan Tanjung Luar. Di lokasi ini dapat menikmati hiruk pikuk  suasana pasar ikan yang ramai sekali. Para nelayan menurunkan hasil tangkapan mereka. Kemudian ikan-ikan yang sudah ditangkap di bawa ke tempat pelelangan yang sudah ditunggu oleh para pembeli. Ikan yang dijual disini mulai dari ikan yang biasa kita lihat dipasaran hingga ikan berukuran besar seperti hiu.

PANTAI PINK
suasana di Tanjung Luar

Segala jenis isi laut, ikan hasil tangkapan bebas diperjual belikan. Mulai dari Udang, Kepiting, Kerang, Tiram, Cumi, Sotong, Tenggiri, Gurita, Baronang, Tongkol maupun Pari, Tersedia juga, ikan teri yang menjadi makanan kegemaran saya. Ikan – ikan itu, dijual dalam keadaan hidup maupun sudah diasinkan. Tak ketinggalan, jenis-jenis ikan mahal kualitas ekspor seperti Krapu, Traveli, Marlin, Cakalang bahkan Potongan Tuna. Ikan – ikan itu seolah dipamer dengan berbagai ukuran dan harga variatif. Ikan dengan ukuran besar biasanya dipotong kecil, namun banyak yang dijual dalam keadaan utuh tanpa goresan pisau.

Ikan hiu yang diperdagangkan di pelabuhan ini merupakan hasil tangkapan nelayan setempat yang khusus berburu hingga ke perairan lepas di Samudera Hindia atau perairan Laut Flores. Di pelabuhan ini setidaknya ada 67 unit kapal nelayan yang 40 diantara berburu hiu. Jenis ikan hiu yang biasanya ditangkap oleh para nelayan adalah Hiu Loreng, Hiu Kejen, Hiu Lonjor dan Hiu Tikus.Khusus untuk ikan yang berbadan besar, para nelayan umumnya sudah memiliki pemesan tetap. Sirip hiu diekspor ke Hongkong sedangkan insang Manta Ray dikapalkan ke sebuah pabrik kosmetik di Surabaya. Tanjung luar juga merupakan wilayah permukiman masyarakat Bugis yang tinggal di rumah-rumah bertiang.

PANTAI PINK
Gili Pasir yang menawan

Sebelum mencapai ke Pantai pink, destinasi pertama adalah  ke Pulau Pasir dengan memperhatikan banyak burung di Pulau Pasir tersebut dengan berbagai banyak pemandangan pulau Gili. Pulau pasir merupakan sebuah pulau hanya ada pasirnya karena akan muncul bila air surut dan hilang lagi bila air pasang. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Pink 3 dan Pantai Pink 2 untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan dan berfoto-foto sebagai kenang-kenangan Anda, disini Anda juga dapat berenang maupun snorkeling karena airnya sangat jernih.

Setelah puas menikmati pantai pink 3 dan 2 maka perjalanan dilanjutkan ke destinasi   utama yaitu patai pink. di pantai ini bisa bermain snorkeling dengan menikmati berbagai terumbu karang yang sangat mempesona dan menakjubkan. Selain menikmati snokeling Anda juga bisa mencoba untuk masuk ke dalam gua peninggalan Jepang yang dulu di gunakan untuk memantau musuh yang menyerbu dari laut. Karena pantai ini dulu digunakan sebagai markas tentara Jepang maka masyarakat menyebutnya pantai Tangsi.

Indahnya pantai Pink dapat anda saksikan di liputan tvone sebagai berikut :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *