BISNIS OFFSET PRINTING ATAU DIGITAL PRINTING ?

Selain sablon, ada dua lagi tehnik cetak yang umum dipakai didalam industri percetakan, yakni cetak offset (offset printing) serta cetak digital offset (digital printing).

Apakah perbedaan diantara ke-2 tehnik cetak itu? Lantas apa sajakah keunggulan serta kekurangan masing-masing tehnik?

OFFSET PRINTING

Tehnik offset adalah satu diantara tehnik percetakan yang paling umum dipakai. Dengan cara offset, materi yang menginginkan dicetak dipindahkan dari sebuah plat ke lapisan karet, lantas ke atas permukaan bahan.

Sistem offset memakai tinta basah serta membutuhkan proses pengeringan setelah sistem percetakan berlangsung.

Offset dipakai untuk cetak dalam skala/jumlah besar. Diantara semuanya tehnik percetakan, offset dapat disebut merupakan yang paling ekonomis, berkwalitas tinggi serta mempunyai konsistensi yang baik untuk cetak dalam skala besar.

 

DIGITAL PRINTING

PENDAFTARAN SB1MDigital offset, atau arti kerennya yakni digital printing, adalah satu cara percetakan dari gambar berbasiskan digital, yang umumnya berbentuk File, lalu dapat segera dicetak di beberapa media lewat cara yang lebih cepat.

Digital offset adalah hasil inovasi perkembangan dari cara percetakan konvensional, yang muncul seiring dengan perkembangan tehnologi dunia yang telah masuk kedalam masa digital.

Biasanya digital offset mempunyai cost produksi yang lebih tinggi untuk per satuannya di banding cara bikin yang lebih konvensional seperti percetakan offset serta sablon.

Walau demikian, tehnik digital offset ini mempunyai keunggulan yg tidak dipunyai oleh cara percetakan offset ataupun sablon, yakni tidak membutuhkan sistem pra cetak seperti pembuatan film, plat cetak (offset), maupun afdruk screen (sablon).

Karna sistem yang dilewati digital offset lebih ringkas, membuat digital offset jadi semakin banyak dipakai untuk pencetakan skala kecil, hingga tehnik cetak digital offset seringkali juga dimaksud tehnik cetak print on permintaan (sesuai sama keinginan), karna dapat mencetak dalam jumlah sedikit atau bahkan juga satuan.

Tinta yang dipakai adalah jenis tinta pasta, tinta toner yang dikeringkan lewat cara dipanaskan, dsb, bergantung masing-masing type mesin digital offsetnya. Ketidaksamaan type tinta yang dipakai ini juga akan memiliki reaksi yang berlainan juga pada kertas.

Sesudah memahami perbedaan diantara ke-2 tehnik cetak itu, lantas apakah Anda sebaiknya pilih tehnik cetak offset atau digital offset?

Berikut paparan selanjutnya tentang keunggulan serta kekurangan tehnik offset serta digital offset :

Keunggulan tehnik offset printing :

  1. Bisa mencetak dalm jumlah banyak diatas beberapa ribu lembar, hingga apabila jumlah yang juga akan dicetak makin banyak, jadi harga per lembarnya juga akan menjadi lebih murah.
  2. Dapat mencetak pada kertas dengan tekstur kasar serta kertas bergramatur tidak tipis sampai 300 gsm. Ukuran kertas yang dipakai dapat semakin besar, yakni sampai A1 atau A0.
  3. Anda bisa cetak dengan warna spesial seperti emas atau perak dan warna stabilo.

Kekurangan tehnik offset printing :

  1. Saat produksi yang diperlukan lebih lama karna memerlukan sistem pembuatan film, pembuatan plat cetak serta penyetelan tinta pada mesin. Diluar itu, karna tinta yang dipakai adalah tinta basah, jadi diperlukan saat untuk sistem pengeringan.
  2. Ada banyak sampah ketika sistem penyetelan warna berlangsung, hingga kurang ramah lingkungan.

Keunggulan tehnik digital printing :

  1. Bisa mencetak dalam jumlah sedikit, beberapa ratus lembar maupun cuma satu lembar.
  2. Anda tidaklah perlu menunggu lama agar bisa nikmati hasil cetak dari mesin cetak digital karna tidak memerlukan pembuatan film atau plat cetak.
  3. Harga lebih ekonomis untuk cetak skala kecil.

 

Kekurangan tehnik digital printing :

  1. Warna kurang konsisten bila untuk cetak skala besar.
  2. Cuma bisa mencetak sampai ukuran A3+.
  3. Cuma bisa mencetak dengan gramatur kertas maximum 270 gsm.
  4. Harga relatif jauh lebih mahal apabila mencetak dalam skala besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *