Cara Melupakan Mantan dan Sukses Move On

Kepingin melupakan seseorang? Pingin move on? Namanya masa lalu pastinya akan menjadi kenangan sendiri buat kita, pernah keingat mantan pacar atau seseorang yang pernah isi hari-hari penuh suka? Terkadang kita terlalu asik mengkhayal masa lalu sampai kita sendiri tidak sadar kalau kita ini sudah hidup di masa sekarang. Mengingat kenangan masa lalu jangan sampai merusak masa depan.

Jika memang masih sayang sama dia, adalah hal yang lumrah, hal yang manusiawi. Mungkin saja lantaran dia yang telah membuat anda nyaman, mengisi penuh warna, tawa bahkan penuh harap. Bahkan anda merasa sangat menyesal putus dengannya.

Coba pikir dengan hati jernih, dia pernah kan nyakitin kamu? dia pernah bikin kamu kecewa ? Bahkan sampai dia tega ninggalin ? Hal itu merupakan bukti kalau dia itu tidak baik untuk kamu. Bahwa dia nggak cocok buat kamu, atau malah dia itu bukanlah jodohmu.

Bagaimana caranya melupakan mantan? Pertanyaan ini memang sangat banyak dilontarkan oleh banyak remaja yang susah move on dengan mantannya. Berbeda lagi kalau umpamanya kamu yang telah meninggalkan dia, lalu kamu nyesel. Itu memang udah kesalahan kamu, dan hubungan yang telah rusak akan sulit kalau ingin diperbaiki, dia sudah pernah kamu kecewain ya tentu dia mikir lagi lah, dia juga punya perasaan, kepercayaan dia pada kamu mungkin telah hancur.

Alangkah lebih baik kamu meminta maaf sama dia. meminta maaf dengan balikan itu beda loh. jangan sampai mentang-mentang dia masih sayang terus kamu ngajakin balikan seenaknya. yakin kamu bisa bahagiain dia? ngga menutup kemungkinan bila dia kelak bakalan ninggalin kamu juga, inget karma itu ada.

Hampir setiap orang yang pernah pacaran pasti juga pernah mengalami yang namanya putus cinta, suami istri saja bisa cerai apalagi hanya pacaran. Masa pacaran memang memberikan kenangan terindah, tetapi kenangan tersebut yang nantinya akan membunuhmu perlahan bila kamu tidak tau cara melupakan kenangan bersama mantan pacar.

Tak ada cara yang betul-betul dapat melupakan mantan pacar dengan cepat, tetapi ada banyak cara melupakan mantan pacar secara perlahan hingga kamubetul-betul melupakannya, bahkan mendengar namanya saja kamu sudah tidak mau.

Memang hal yang harus anda lakukan adalah move on dari mantan kekasih, banyak yang mengatakan bila move on dari mantan itu tidak akan bisa bila kamunya sendiri tidak ada kemauan, kamu juga harus berupaya membuang semua kenangan mengenai dia dan semua pemberian dia. Dan poin utamanya jangan sampai mengingat hal-hal indah yang pernah dia berikan padamu kalau tidak kamu sendiri yang akan galau.

Bila mantanmu telah move on dan mempunyai kekasih baru kamu tak perlu cemburu, emosi, serta bimbang. Nah karenanya berikut adalah tips melupakan mantan kekasih :

1. Menangislah
Apapun caranya asal dapat membuat perasaanmu lebih plong silahkan lakukan selagi masih pada jalurnya alias wajar. Menangis wajar kok. Bila menangis dapat membuat perasaanmu lebih lega silahkan lakukan. Namun jangan terus menerus.

2.Memperbanyak beribadah
Sudah banyak orang yang sukses move on lantaran mereka memperbanyak ibadah dan berserah diri kepada-Nya. Tidak hanya bisa melupakan mantan pacar, beribadah memang telah menjadi kewajiban untuk umat yang beriman. Cara ini akan mengingatkan kita pada Tuhan, menyadarkan bagi yang lupa kalau hidup itu hanya sementara, hidupmu tidak cuma untuk mengenang masa lalu.
Berdoalah sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing. Dukungan secara spiritual terbukti sangat membantu kamu untuk move on sekaligus melupakan mantan kekasih. Cobalah untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan dengan melaksanakan berbagai ibadah atau bergabung dengan beberapa kegiatan keagamaan.

3. Putus Hubungan dengan Mantan
Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah putus hubungan, putus komunikasi dengannya. Coba pikirkan apabila kamu telah putus hubungan namun kamu masih kerap berkomunikasi, masih kerap memberi perhatian dengannya, lalu apa bedanya kalian putus cinta bila perhatian masih ada?
Itupun kalau diamemberi perhatian balik sama kamu, nah kalau dia menikmati perhatian anda sembari dia mencari penggantimu? bagaimana coba? kamu ngga sadar kan dia bakalan mencari kekasih yang baru yang pasti lebih baik dari kamu. mending mulai saat ini jagalah jarak dengan dia, bukan maksud untuk sombong atau memutuskan silahturahmi.

4. Buang Kenangan yang diberikan Mantan
Sama seperti diatas, kamu harus membuang segala hal indah yang pernah diberikan darinya. mungkin kenangan yang di otak susah sekali untuk dilupakan, namun kalau misalnya dia pernah memberi kamu hadiah yang berbentuk barang, ngga ada salahnya kok kamu buang semua hal-hal itu, supaya kamu ngga bakalan keinget-inget dengan dia.
Jangan sampai kamu berusaha mengembalikan semua pemberiannya itu pada dia, itu ngga akan ada gunanya. yang ada hubungan kalian jadi lebih rumit, mending buang saja dan lupakan semuanya. dengan membuang hal kenangan itu setidaknya kamu telah mengambil langkah untuk move on.

5. Mencari Kesibukan
Hal yang penting buat melupakan masa lalu adalah kamu harus mengurangi beberapa hal atau waktu sendiri, semisal waktu ngelamun kamu, waktu berkhayal kamu ya harus dikurangin.
Nah bagaimana sih cara mengurangi hal-hal yang tidak bermanfaat itu? kamu harus mencari kesibukan-kesibukan baru, kamu juga bisa melanjutkan segala yang kamu impikan dan tanpa sadar kamu akan semakin dekat dengan yang kamu cita-citakan. kamu dapat menyibukan diri dengan menekuni hobi dan profesi kamu. hal semacam ini malah lebih positif loh daripada kamu galau hanya karena teringat oleh masa lalu.

6. Main Bareng Sahabat
Tak memiliki sahabat karib alias teman dekat? Makanya waktu masih pacaran jangan langsung abaikan sahabatmu, jadi baru nyesel sekarang kan. Padahal sahabat bisa jadi cara tepat buat melupakan sosok mantan.
Bila kamu masih mempunyai sahabat coba main terus dengannya, atau mencari kesibukan dengan beberapa temanmu yang lain. Cara ini dapat membuat kamu sibuk dan melupakan mantan secara perlahan.
Selain itu yang namanya sahabat tentu mengerti apa yang paling baik untuk kamu, mustahil sahabatmu akan mengejekmu, terlebih mengingatkanmu sama mantan. Menghabiskan waktu dengan teman dapat membuang rasa sedih dan galau lantaran retaknya hubungan kamu dengan sang mantan.
Terlebih dalam periode-periode awal putus, banyak-banyaklah untuk menghabiskan waktu bersama beberapa sahabat terbaik anda. Ingat, jangan hanya menghabiskan waktu untuk curhat mengenai sang mantan, namun cobalah untuk melakukan beragam kegiatan yang dapat membuat kamu serta sahabatmu merasa bahagia.

7. Jangan mendengarkan lagu mellow
Banyak orang yang ketika baru saja putus dengan pacarnya malah menghanyutkan diri dibawah lagu-lagu romantis yang membuat galau. Hal semacam ini justru tak membuat kamu merasa lebih baik. Oleh karena itu, coba hindari berbagai lagu atau musik bernada sedih, penyesalan, kerinduan, atau penantian.
Gantilah dengan lagu-lagu bernada ceria, semangat, serta membuat kamu lebih yakin untuk memulai hidup kamu tanpa dia. Meskipun terkesan sepele, cara ini terbukti sangat ampuh untuk membantu kamu melupakan sang mantan.

8. Kumpulkan semua lagu yang membuat kamu benci pada mantan
Tentu banyaklah lagu-lagu Indonesia yang menceritakan seseorang membenci mantan pacar. Misalnya lagu ” Selamat Tinggal ” milik Five Minutes, itu lagu bagus banget dan paling recommended deh. Cari lagu lainnya yang bisa membuat perasaan cintamu padanya menjadi benci, janganlah mencari lagu yang seolah-olah kamu pasrah dengan keadaan, contohnya seperti lagu ” Lumpuhkan Ingatanku ” milik Geisha.

9. Keikhlasan, Kerelaan, dan Kesadaran
Kamu membaca artikel cara melupakan mantan pacar ini sambil ngapain? sambil masak? sambil belajar? sambil tiduran? sambil nongkrong? Ini cara paling tepat, prediksi kejituannya mencapai 85%. Cobalah kamu baca lagi artikel ini sambil tiduran, tengkurep, atau lainnya yang penting dalam keadaan sehat dan lingkungan sekitar yang tenang dan tidak berisik.

10. Janganlah mencari pengganti terlalu cepat
Beberapa orang merekomendasikan untuk mencari pacar baru supaya lupa dengan mantan, walaupun sebenarnya itu salah. Sudah banyak kok kasus dimana seseorang mencari pacar hanya untuk melupakan mantannya, dengan kata lain melampiaskan kekesalan, setelah itu hubungannya tidak berjalan lama.
Bahkan waktu kamu bersama pacar barumu malah bisa jadi teringat masa lalu bersama mantan pacar. Kamu juga hanya akan menyakiti pacar barumu, karena kamu mengaku mencintainya meski sesungguhnya kamu masih mencintai mantan pacarmu. Jadi cobalah berusaha untuk melupakan mantan pacar dahulu, baru buka hati untuk orang lain.

11. Berhenti Berharap
Buanglah harapan bila masih tetap ada kesempatan buat kalian berdua untuk kembali jadi sepasang kekasih. Sepanjang kamu masih tetap menaruh harapan, mustahil untuk melupakan mantan pacar dan melanjutkan hidup kamu. Pikiran kamu senantiasa dihantui oleh harapan itu, dan kamu bisa juga terjerumus dalam harapan palsu yg tak kunjung terwujud.
Dasarnya, biarkanlah masa lalu senantiasa berlalu. Kamu harus tutup rapat-rapat setiap harapan mengenainya. Cobalah untuk move on dan mengatur kembali kehidupan kamu. Daripada menggantungkan harapan pada sang mantan yang sebagian jelas sudah mengecewakan kamu, lebih baik gunakan harapan untuk diri kamu sendiri di masa depan.

12. Mencari dukungan dari keluarga
Waktu baru putus, cobalah untuk mencari dukungan dari keluarga kamu. Jangan sampai segan-segan menceritakan hal semacam ini pada kakak-adik, atau bahkan orangtua kamu. Kedua orangtua kamu pasti bisa memberikan beberapa saran yang menentramkan sekaligus menghibur.
Apabila kebetulan orangtua ada di tempat yang jauh, teleponlah mereka. Dukungan dari keluarga akan buat anda merasa tidak sendirian dalam hadapi persoalan yang buat hati anda sedih.

13. Jauhi kontak dengan sang mantan
Sebenarnya ini adalah cara paling simpel dan mudah untuk melupakan mantan pacar kamu. Jauhi kontak dalam bentuk apapun. Cobalah untuk tidak berjumpa dengannya, dan jauhi tatap mata dengannya. Jangan sampai angkat telepon, dan jangan sampai ladeni SMS-SMS darinya apapun yang tertulis di dalamnya.
Jangan sampai coba untuk membuka-buka halaman Facebooknya, karena itu bisa membuat kamu makin merasa bimbang. Memang pada awalnya terasa berat, namun setelah sekian hari, dibantu dengan dukungan keluarga dan beberapa teman, melupakan mantan pacar akan jadi satu persoalan yang terasa mudah.

14. Percayalah pada diri sendiri
Percayalah bila kamu bisa melalui hari-hari kamu tanpa ada sang mantan. Yakinlah bila kamu cukup kuat untuk menghadapi masa depan. Meyakini diri kamu bisa membuat kamu lebih tegar dalam menghadapi perpisahan, dan hal semacam ini bisa memberikan motivasi kepadamu untuk menjadi lebih baik. Jika memang perlu, bacalah bermacam tips untuk tingkatkan rasa yakin diri di beberapa media.

15. Traveling
Jalan-jalan merupakan salah satu cara ampuh untuk menghilangkan rasa sedih terlebih setelah putus dari pacar. Kamu bisa membuat list tempat-tempat yang selama ini mungkin belum sempat kamu kunjungi. Contohnya, kamu bisa menanjak gunung, pergi ke pantai atau ke daerah-daerah terpencil.
Bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang baru disana atau sekedar untuk menyendiri. Hal ini dapat menjernihkan pikiranmu dari pikiran-pikiran buruk dan menaikkan mood jelek kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *