CARA MEMANDIKAN BAYI BAGI PASANGAN MUDA

Mandi bukan sekedar bisa menentramkan bayi, namun juga berikan peluang pada ibu untuk merajut ikatan serta bermain dengan bayi sesudah hari yang repot. Sama dengan pijatan bayi, memandikan bayi dengan air hangat bisa jadi langkah yang pas untuk menjaga bayi serta menyiapkan bayi untuk tidur.

 

Air Saja Tidak Cukup untuk Memandikan Bayi

Air saja jadi pembersih tidak dapat menghapus kotoran lemak yg tidak larut di air serta ketinggalan dibawah popok serta baju. Bila tidak dibikin bersih, kotoran ini bisa mengakibatkan kerusakan susunan pelindung yang halus pada kulit bayi. Air sendiri sesungguhnya dapat buat kulit bayi kering.

Pemakaian air dengan berulang, terlebih yang memiliki kandungan klorin atau bahan keras yang lain, dapat dibuktikan bisa mengakibatkan hilangnya kelembaban beberapa sel kulit serta bisa buat kulit bayi iritasi atau merah.

 

Langkah Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Banyak pakar kesehatan mereferensikan untuk memandikan bayi baru lahir sekitaran 2 atau 3 kali per minggu, lantas tingkatkan frekwensinya bersamaan menambahnya umur bayi. Walau bayi tidak dimandikan sehari-hari, mandi spons yaitu alternatif yang banyak diambil oleh beberapa ibu untuk menjaga bayi yang masih tetap begitu muda

Langkah Memandikan Bayi Anda dengan Spons

1. Sempatkan sebagian menit untuk bicara dengan bayi Anda tentang harinya, sambil bersiap untuk memandikannya. Bebaskan semuanya baju bayi terkecuali popok, lantas balut bayi dengan handuk.

2. Sembari memegang kepala bayi Anda, bersihkan ruang sekitaran mata dengan lembut memakai kapas bulat atau persegi yang sudah dibasahkan dengan air hangat. Kapas bulat atau persegi pas dipakai karna tidak meninggalkan serabut.

Pakai kapas baru untuk semasing mata, serta senantiasa kerjakan usapan dari pojok dalam mata menuju keluar. Bila tak ada kerak (lendir yang jadi kering) pada pojok mata, Anda tidaklah perlu bersihkan ruang mata. Janganlah bersihkan sisi dalam mata.

3. Usap ruang sekitaran mulut, hidung serta semua muka bayi memakai waslap yang lembut. Kerjakan usapan dari sisi tengah menuju keluar, cukup hanya air umum. Berikan perhatian spesial untuk sisi belakang telinga, bawah dagu, serta lipatan di leher. Ingat : Janganlah memasukkan apa pun ke liang telinga atau hidung. Tepuk-tepuk sampai kering.

4. Dengan bayi Anda dibalut handuk, tempatkan satu lengan Anda dibawah punggungnya serta telapak tangan Anda di belakang kepalanya. Pakai tangan Anda yang yang bebas untuk membasahi rambut bayi memakai waslap. Berikan sedikit sabun mandi bayi yang lembut.
Basuh rambut bayi dengan air hingga tak ada pembersih yang tersisa. Baringkan bayi Anda serta keringkan kepalanya dengan lembut, lantas gunakan tudung handuk ke kepalanya untuk membuatnya hangat.

5. Selanjutnya, mandikan badan bayi Anda memakai pembersih bayi yang bebas sabun, lembut, serta tepercaya.
Dengan kepala bayi tetaplah tertutupi oleh pojok handuk, buka balutan handuk pada bayi Anda serta bebaskan popoknya. Basahi serta tuangkan sabun di tangan Anda atau waslap lembut, serta awalilah bersihkan semua badan bayi Anda. Bersihkan sisi leher sampai pinggang, termasuk juga lengan serta tangannya, lantas basuh semuanya serta keringkan badannya. Tutupi sisi atas badannya dengan handuk supaya bayi tetaplah hangat, serta gosokkan handuk turun ke sisi tungkai, kaki, serta jari kakinya.

Ingat-ingatlah untuk mencuci serta mengeringkan semuanya lipatan badan bayi dengan baik, karna kelembaban berlebihan dapat mengakibatkan iritasi pada kulit bayi. Paling akhir, bersihkan ruang popok memakai air hangat yang bersih : untuk bayi wanita, usap ruang ini dengan lembut dari depan ke belakang. Untuk bayi lelaki, usap juga dari depan ke belakang. Untuk bayi lelaki yang belum juga disunat, bersihkan penis serta ruang kelaminnya dengan lembut, jauhi menarik sisi kulit penis (kulup) bayi ke belakang.

6. Sebelumnya bersihkan bayi, Anda bisa lebih dahulu menggunakankan pakaian serta popoknya supaya ia tetaplah hangat. Ingat-ingatlah tidak untuk menutupi tali pusar dengan popok, karna sisi itu mesti dijaga tetaplah kering serta bersih.
Bersihkan ruang pangkal tali pusar serta sekelilingnya dengan kapas bulat atau persegi. Janganlah takut untuk bersihkan tali pusar : makin cepat sisi pangkalnya jadi kering, makin cepat tali pusarnya juga akan putus.

7. Melembapkan bayi Anda yaitu sisi yang perlu dalam kebiasaan perawatan kulitnya. Pakai product yang lembut   membuat perlindungan kulit bayi Anda serta menjaganya tetaplah sehat.

8. Yakinkan badan bayi Anda betul-betul kering sebelumnya menggunakankannya pakaian. Anda dapat juga memakai product perawatan bayi yang enteng untuk menolong melembapkan kulitnya serta membuatnya terasa tambah nyaman.
Saat ini pakaikan pakaian bayi Anda serta balut ia dengan selimut manfaat menjaganya supaya tetaplah hangat. Peluk erat bayi Anda serta nikmati bebrapa waktu kebersamaan Anda berdua.
Kepala bayi Anda mempunyai sisi lunak (dimaksud fontanel) yakni sisi tengkorak yang belum juga seutuhnya tutup. Sisi lunak ini sangat mungkin kepalanya sesuaikan dengan jalan lahirnya. Ruang ini aman untuk disentuh serta dibikin bersih dengan lembut.

 

Langkah Memandikan Bayi

Wastafel dapur dapat jadi tempat yang bagus untuk memandikan bayi Anda (dengan keran yang sudah ditutup, serta handuk atau busa lembut di bawahnya) , atau Anda dapat memakai tempat mandi bayi kecil serta terbuat dari plastik, yang diletakkan didalam bak rendam ukuran dewasa, untuk menolong Anda lebih gampang untuk memegang bayi

  1. Awalilah dengan isi bak mandinya dengan sebagian cm air hangat. Yakinkan suhu air mandi bayi Anda pada 32, 2-37, 8 derajat Celcius. Sesudah bak mandi terisi air, aduk air dengan tangan hingga panas air bisa rata serta tidak berkumpul di satu tempat.
  2. Sebelumnya memasukkan bayi Anda di air, uji suhu air memakai sisi dalam pergelangan tangan Anda untuk meyakinkan air tidaklah terlalu panas. CATATAN : Yakinkan alat pemanas air dirumah Anda ditata tidak lebih dari 49 derajat Celcius untuk menghindar perubahan suhu air yang mendadak.
  3. Pakai satu tangan ibu untuk menyokong punggung, kepala, serta leher bayi dengan lembut. Lantas, bebrapa perlahan masukan bayi ke air. Selalu topang bayi dengan satu tangan waktu ibu bersihkan badan bayi dengan tangan yang beda.
  4. Bersihkan ruang sekitaran mata bayi dengan lembut memakai cotton pad yang sudah dilembapkan dengan air hangat yang bersih. Pakai cotton pad baru untuk semasing mata serta senantiasa kerjakan usapan dari pojok dalam mata menuju keluar. Lalu, usap ruang sekitaran mulut, hidung, serta semua muka bayi memakai handuk lembut. Usaplah dari tengah menuju keluar. Usap juga lipatan di leher serta janganlah lupa sisi belakang telinganya!
  5. Untuk bayi yang lebih muda, basahkan waslap bayi dengan air hangat serta pakai pembersih lembut yang diformulasikan untuk bayi, seperti JOHNSON’S® TOP-TO-TOE® baby wash. Bila rambut bayi Anda lebat, Anda bisa coba shampo yang lembut, seperti JOHNSON’S® baby shampoo. Janganlah takut untuk membersihkan sisi kepala bayi yang lunak (dimaksud fontanel) dengan lembut.
  6. Ruang popok yaitu sisi badan yang paling akhir dicuci. Untuk bayi wanita, bersihkan ruang kelamin dari depan ke belakang. Untuk bayi lelaki, bersihkan penis serta ruang kelamin, juga bersihkan dari depan ke belakang, lantas keringkan seutuhnya. Untuk bayi lelaki yang belum juga disunat, jauhi menarik sisi kulit penis (kulup) ke belakang.
  7. Biarlah bayi Anda menyempatkan diri sebentar di kamar mandi untuk nikmati air hangat. Tuangkan semangkuk air ke badannya supaya tetaplah hangat. Hati-hati mengucurkan air segera dari keran, karna suhu air dapat beralih dengan mendadak.
  8. Selimuti bayi dengan ke-2 tangan Anda, melalui daerah sekitaran dada bayi Anda menuju bawah lengannya, lantas topang kepalanya dengan telapak tangan Anda, serta angkat dia keluar dari bak mandi, lalu selekasnya balut si kecil dengan handuk.
  9. Keringkan bayi Anda dengan baik sampai ke sisi lipatan badannya, karna kelembaban berlebihan dapat mengakibatkan iritasi kulit. Keringkan dengan perlahan-lahan menepuk-nepuk kulitnya dengan handuk sampai kering untuk hindari rusaknya kulit.
  10. Sebelumnya menggunakankan pakaian pada bayi, berikan pelembap bayi yang lembut, seperti JOHNSON’S® baby lotiondengan kandungan antialergi yang dengan klinis dapat dibuktikan lembut serta enteng untuk bayi. Tersebut panduan menjaga bayi serta memandikan bayi yang bisa ibu aplikasikan.

 

Beberapa Strategi Memandikan Bayi

  • Bersihkan cuma apa yang dapat Anda saksikan ; jauhi memasukkan suatu hal sangat dalam ke liang telinga atau hidung bayi Anda
  • Tiap-tiap bayi itu unik. Ada bayi yg tidak sukai dimandikan sangat cepat sesudah makan. Banyak ibu yang terasa lebih pas bila memandikan bayi terlebih dulu sebelumnya makan
  • Ingat-ingatlah, JANGAN tinggalkan bayi sendirian di bak mandi.

Mandi yaitu langkah prima untuk membuat pembelahan pada ” saat repot ” serta ” saat tidur ” , sembari memberi Anda peluang untuk merajut ikatan dengan bayi Anda. Bahkan juga hari yang berat dapat merasa lebih enteng saat Anda tutup hari dengan menyelimuti bayi Anda yang telah bersih, cantik, rapi serta nyaman—sebelum dinyanyikan lagu nina bobo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *