BISNIS PROSPEKTIF BAGI PELAJAR SMA DAN MAHASISWA

“Zaman now” dimana internet merupakan kebutuhan pokok bagi semua kalangan, salah satunya adalah pelajar. Untuk menjadi sukses kita tidak perlu menunggu sampai selesai pendidikan. Internetlah salah satu yang membantu memulai bisnis bagi pelajar.

Bisnis bagi pelajar prinsipnya adalah tidak mengganggu waktu dan proses belajar. Berikut ini beberapa contoh bisnis yang bisa dilakukan pelajar “zaman now”  sebagaimana dilansir dosenekonomi.com yakni :

Reseller atau Dropshipper

Bisnis ini merupakan bisnis yang cukup menguntungkan untuk pelajar yang dapat memanfaatkan tren disamping juga mudah untuk dijalankan namun keberhasilan dalam menjalani usaha ini juga memang tergantung dari bagaimana teknik marketing yang dilakukan. Sebagai pemula, untuk memulai bisnis ini bisa diawali dengan menjual barang-barang kecil yang murah yang hanya membutuhkan modal sedikit seperti berjualan aksesoris yang lagi tren atau barang-barang mainan yang lagi digandrungi seperti slime dan squishy.

Bisnis Karya Tulis

Hobi menulis memang tidak bisa diremehkan karena telah banyak bukti bahwa hobi menulis dapat juga menjanjikan keuntungan yang banyak. Untuk pelajar yang memiliki hobi menulis selain akan menonjol dan mudah dalam membuat makalah juga dapat dijual untuk menambah uang saku. Saat ini, karya tulis tidak hanya dapat dijual ke media-media informasi seperti koran, majalah namun secara online pun bisa karena sekarang banyak website membutuhkan para penulis untuk mengisi konten websitenya. Jadi, hobi menulis dapat dijadikan pekerjaan sampingan yang menguntungkan disamping juga menjalankan hobi dalam dunia literasi.

Endorser

Bagi pelajar yang senang bermain sosial media tentu kata endorser yang berarti pendukung (supporter) dan memiliki padanan kata reviewer dalam dunia bisnis tentu bukan kata yang asing lagi. Sekarang banyak para pemilik toko online yang membuka kesempatan bagi siapa saja yang bahkan bukan artis tetapi cukup tenar untuk ikut mengiklankan produk yang mereka jual. Terbukanya peluang ini sangat menguntungkan dan bermanfaat bagi pelajar yang bisa memanfaatkan kemampuan yang dimilikinya dan waktu luang yang cukup banyak untuk menghasilkan uang dan menambah uang saku.

Bisnis Bimbingan Belajar

Menjadi seorang guru tentu harus memiliki cukup bekal ilmu sehingga tidak sedikit orang yang menganggap bahwa seorang guru haruslah seseorang yang telah menempuh dan lulus dari pendidikan universitas serta memiliki gelar sarjana. Sekarang, tidak hanya seorang sarjana sajalah yang bisa menjadi seorang guru yang baik, seorang pelajar pun bisa menjalani pekerjaan seorang guru asal ilmunya cukup mumpuni.

Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat menjadi seorang guru dalam bidang apapun yang mereka sukai untuk pelajar Sekolah Dasar (SD) atau Taman Kanak-kanak (TK) yang membutuhkan bimbingan belajar. Namun, tarif untuk seorang pelajar yang ingin mencoba menjadi guru tentu haruslah tarif rendah terlebih dahulu mengingat tidak adanya jaminan semacam sertifikat yang dapat menjamin bahwa mereka cukup memiliki bekal ilmu. Anda dapat mempromosikan diri anda untuk menjadi guru baik secara langsung maupun melalui sosial media yang anda miliki yang lingkupnya lebih luas (satu kota).

Disamping sosial media dapat menjadi tempat bagi pelajar untuk mempromosikan diri jika ingin mencoba menjalani pekerjaan guru, pelajar yang kreatif juga dapat memberikan pelatihan atau bantuan berbayar untuk jasa bimbingan yang mereka berikan. Tapi, sebagai seorang yang bijak dan terpelajar jangan menawarkan jasa pengerjaan tugas karena hal ini akan membuat virus kebodohan bagi pelajar yang menggunakan jasanya.

Bisnis Pulsa

Ini merupakan bisnis umum yang juga memang banyak dibutuhkan oleh orang umum yang menggunakan perangkat seluler. Bisnis ini sangat direkomendasikan bagi seorang pelajar yang baru ingin memulai bisnis karena disamping juga dapat dijual tentu ia juga dapat menggunakan pulsa tersebut untuk penggunaan pribadi. Jadi, tidak ada sistem kadaluarsa dan ketinggalan tren yang akan terjadi di bisnis ini.

Bisnis Sewa Kamera

Bagi pelajar yang memiliki hobi bermain game play station, untuk mendapatkan tambahan uang dapat membuka jasa penyewaan play station. Disamping play station, pelajar yang memiliki kamera dan hobi fotografi pun dapat coba untuk menawarkan jasa penyewaan kamera yang ia miliki dan bagi yang hobi fotografi, hasil jepretan foto pun dapat mereka jual di berbagai situs yang ingin membeli karya mereka tersebut. (Baca Juga: Manfaat Ekonomi Kreatif , Tujuan Ekonomi Kreatif)

Bisnis Kue atau Makanan Ringan

Jika dulu berjualan kue di sekolah biasanya cenderung dilarang sekarang bagi pelajar yang ingin mencoba bisnis ini tidak perlu khawatir lagi karena sekarang ada media online yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk berjualan tanpa mengganggu kegiatan belajar yang harus dilakukan di sekolah. Pelajar dapat mempromosikan barang jualan di sosial media kemudian setelah itu melakukan pencatatan terhadap barang pesanan dan selanjutnya hanya membawa barang pesanan tersebut ke sekolah. Contoh yang biasanya dijual seperti risoles, kue bolu, keripik singkok pedan dan lain sebagainya.

Penginstallan Komputer

Tidak hanya barang yang dapat dijadikan bisnis dan menghasilkan uang namun jasa pun dapat dijadikan bisnis dan memberikan keuntungan. Sebagai contoh bagi pelajar yang cukup mengerti untuk melakukan installasi komputer hal inipun dapat dijadikan bisnis. Untuk tahap awal, pelajar yang inging menawarkan jasanya dapat mulai mempromosikan kemampuannya dalam installasi komputer tersebut dengan mencoba membantu teman-teman atau orang-orang yang berada di sekelilingnya terlebih dahulu secara langsung, kemudian tahap berikutnya untuk mendapatkan lebih banyak klien ia dapat mencoba menyebarkan brosur di jalan.

PENDAFTARAN SB1M

Admin Sosial Media

Seperti yang telah disebutkan bahwa bisnis tidak melulu tentang barang yang dijual maka jasa pun dapat dijadikan bisnis yang menghasilkan keuntungan maka bermain sosial media adalah salah satu contohnya. Jika selama ini bermain sosial media seperti facebook hanya akan menghabiskan kuota dan menambah pengeluaran, bagi pelajar yang kreatif hal ini tidak akan berlaku sebab bermain sosial media juga dapat menjadi sumber penghasilan, sebagai contoh menjadi admin sosial media. Untuk menjadi admin sosial media tentu harus mengetahui terlebih dahulu tentang topik-topik yang menjadi bahan postingan dari suatu akun. Research atau penelitian kecil-kecilan dapat dilakukan untuk ini dengan membaca beberapa postingan atau info profil yang ada di akun sosial media tersebut. Selanjutnya, anda dapat menawarkan jasa anda atau mencarinya melalui situs-situs freelancer. (Sumber :dosenekonomi.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *