PELUANG BISNIS DI DESA YANG MENGGIURKAN

Melakukan suatu bisnis bisa dilaksanakan di mana saja dan kapan saja. Bisnis tidak melulu harus di lakukan di sebuah kota besar. Di desa pun bisnis juga bisa dilaksanakan. Jadi, jangan pernah percaya kalau kesuksesan bisnis tidak bisa didapatkan di kampung.

Yang hal pertama yang bisa membuat Anda sukses adalah keberanian. dari keberanian harus didukung kegigihan dan kerja keras serta perhitungan yang matang. Tanpa adanya hal tersebut, kesuksesan akan datang pelan atau bahkan sebaliknya.

Peluang bisnis di kampung atau di desa sama saja peluangnya dengan di kota. Tinggal anda membaca peluang di desa tentang hal yang prospektif. Maka perlu didukung oleh data dan kajian yang objektif agar bisnis bisa berjalan efektif. Kita perlu melakukan pengamatan tentang bisnis apa yang hendak dijalankan.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih bisa dimanfaatkan untuk berbisnis di desa. Dengan demikian, pundi-pundi uang yang terkumpul juga semakin banyak.

Berikut beberapa contoh bisnis yang bisa kita lakukan, sebagaimana di lansir di Liputan6.com.

Usaha kelontong

Toko kelontong merupakan toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. Misalnya, cabai, bawang merah, sayur-mayur, ikan, dan bumbu masak. Banyak orang memandang remeh usaha yang satu ini. Maklum saja, toko kelontong terlihat sangat sederhana.

Namun, keuntungan yang didapatkan tidak bisa disepelekan, Anda yang berstatus sebagai ibu rumah tangga sangat cocok menjalankan usaha kelontong ini.

Untuk pembelian bahan, Anda bisa bekerja sama dengan para petani dan nelayan di desa. Karena sebagai tangan pertama, harga yang didapatkan bisa semakin murah.

Ternak ayam

Bisnis selanjutnya adalah usaha ternak ayam. Siapa yang tidak suka ayam? Pada umumnya, masyarakat di Indonesia sangat suka ayam. Baik ayam petelur maupun ayam potong, keduanya sangat cocok untuk dijadikan bisnis. Tergantung selera Anda, mau pilih usaha ayam yang mana? Nantinya, ayam-ayam ini dapat dijual ke rumah-rumah makan.

Rental mobil

Walaupun tinggal di pedesaan, bukan berarti Anda tidak bisa punya mobil, bukan? Pertanyaannya, “Ada berapa mobil yang dimiliki?” Daripada mobil menganggur di rumah, lebih baik disewakan saja. Biaya untuk sewa mobil sangat bervariasi, mulai dari Rp250.000 hingga Rp350.000 per hari. Besarnya biaya sewa ini tergantung pada jenis mobil yang dimiliki.

Namun, sebagai pemilik rental perlu berhati-hati. Rentalkanlah mobil Anda hanya pada orang-orang terpercaya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kasus pencurian kendaraan yang belakangan ini semakin marak terjadi.

Jualan sarapan

Ada banyak menu sarapan pagi yang bisa dijadikan pilihan, misalnya lontong, soto, pecel, dan nasi uduk. Semua menu tersebut merupakan menu yang sangat disukai masyarakat Indonesia.

Rasanya juga pas di lidah. Bagi ibu rumah tangga yang suka memasak, tidak ada salahnya jika membuka usaha ini. Namun, Anda perlu memastikan terlebih dahulu, apakah masakan tersebut enak atau tidak.

Menjadi penjahit

Bagi Anda yang suka menjahit, manfaatkan hobi tersebut untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Usaha ini membutuhkan keahlian khusus.

Jadi, perlu ikut kursus menjahit terlebih dahulu. Jika sudah mahir, barulah dapat membuka usaha ini. Jika usaha sudah mulai berkembang, Anda bisa merekrut karyawan yang ada di desa tersebut.

Selain berbisnis, Anda juga sudah membuka lapangan pekerjaan. Enak sekali, bukan?

Jualan pulsa

Hampir semua masyarakat di Indonesia memiliki alat komunikasi berupa handphone atau smartphone. Agar dapat dipakai berkomunikasi, handphone tersebut harus memiliki pulsa. Banyaknya jumlah pengguna handphone bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Anda bisa menjadi agen pulsa elektrik di desa.

Keuntungan yang didapatkan memang sangat tipis. Akan tetapi, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi banyak. Jadi, tak ada salahnya untuk dicoba.

Bisnis online

Kecanggihan teknologi semakin membuka peluang untuk berbisnis. Bukan hanya di satu desa saja, melainkan di beberapa desa. Bisnis online ini sangat mudah untuk dilakukan.

Anda bisa melakukannya lewat smartphone, laptop, ataupun komputer di rumah. Yang diperlukan hanyalah koneksi internet agar semuanya berjalan lancar. Banyaknya marketplace yang ada di Indonesia juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Tertarik untuk mencobanya?

Pada zaman sekarang, mencari uang bukanlah hal yang sulit. Banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Niat, kerja keras, dan semangat pantang menyerah adalah tiga hal yang perlu Anda bangun dalam diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *