BILIK CINTA DI PENJARA

Pada persidangan mantan Kalapas Sukamiskin terugkap masalah “bilik asmara”.Salah satu penghuni penjara Sukamiskin yang menggunakan bilik cinta tersebut yakni Fahmi Darmawansyah dan istrinya Inneke Koesherawati. Pihak lembaga pemasyarakatan menyewakan bilik itu kepada penghuni penjara dengan tarif Rp 650 ribu sekali pakai.

Di beberapa negara telah menyediakan fasilitasbilik asmara di penjara. Namun, sarana itu belum dapat dilaksanakan di tahanan Indonesia. Hal tersebut dikarenakan belum adanya payung huku.
Bilik cinta nyatanya memang ada untuk tahanan di sejumlah negara. Bilik cinta yang laku buat terpidana serta pasangannya yang resmi ialah sisi dari conjugal visit.

Conjugal visit tidak cuma berlaku untuk pasangan suami istri, tetapi juga untuk yang mempunyai pertalian keluarga dengan tahanan. Studi yang dilakukan Universitas Yale pada 2012 mengatakan, conjugal visit menjamin kesehatan fisik serta mental tahanan saat dalam penjara. Conjugal visit ikut menjamin kepatuhan serta turunkan resiko terjadinya kekerasan seksual pada terpidana.

Penelitian yang dimuat dalam situs berita ATTN mengatakan, conjugal visit ialah powerful incencitive (penawaran) bagi terpidana yang taat serta menjaga kelakuannya dengan baik. Saat kunjungan, suami istri dapat penuhi keperluan seksual serta melepas kangen. Perihal serupa dapat juga dipenuhi dari kunjungan anak pada seorang tuanya yang tengah menjalankan sangsi. Keseluruhannya, conjugal visit semakin banyak memberikan efek positif dibanding negatif.

Faedah conjugal visit juga dikatakan pengamat kesejahteraan dari Luskin School of Public Affairs UCLA Jorja Leap pada 2014. Conjugal visit menahan terpidana jadi residivis, atau kembali dipenjara sebab kembali melanggar hukum. Conjugal visit memperingatkan terpidana pada keluarga serta berikan motivasi untuk hidup lebih baik. Waktu terpidana bebas, mereka akan kembali pada lingkungan penduduk serta mengawasi kelakuannya.

Beberapa negara yang menyiapkan conjugal visit ialah Australia, Brazil, Kanada, serta Denmark. Empat negara sisi di Amerika ikut mengijinkan conjugal visit yakni California, Connecticut, New York, serta Washington. Conjugal visit cuma laku di sejumlah penjara tergantung kebijaksanaan pemerintah ditempat.

Terpidana yang akan nikmati conjugal visit cukuplah ajukan izin kepada pihak berkuasa di penjara. Pemberian izin dikasihkan berdasarkan perilaku terpidana saat di penjara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *