Apa Arti ” Pi Day ” di Google Doodle?

Google Doodle hari ini atau Rabu (14/3/2018) menghadirkan gambar kue pai yang membuat tulisan Google. Apabila pemakai mengklik gambar itu, maka pemakai bakal dibawa menuju halaman hasil pencarian yang terkait dengan ‘Pi Day‘.

Pi Day atau Hari Pi diterangkan menjadi perayaan tahunan konstanta matematika π (pi) . Hari Pi infonya dirayakan setiap Maret, persisnya hari ini atau 14 Maret.

Wikipedia menjelaskan, peringatan besar-besaran pertama Hari Pi diselenggarakan oleh Larry Shaw pada 1988 di Exploratorium San Francisco, dimana Shaw bekerja menjadi fisikawan. Dia dengan stafnya berbaris, berkeliling-keliling satu diantara ruangan bundarnya, lantas memakan pai buah. Setelah itu Exploratorium meneruskan kebiasaan memperingati hari Pi.

Hari Pi udah dirayakan dengan beragam cara, termasuk juga makan pai, melempar pai serta mengulas perlunya bilangan π (pi) . Hal semacam ini lantaran terdapatnya permainan kalimat menurut kata-kata ” pi ” serta ” pie ” (pai) yang merupakan homofon dalam bahasa Inggris.

Konstanta matematika π (pi) tidak lepas dari sosok William Jones yang temukan lambang bilangan pi. Jones pertama kalinya memakai lambang Yunani ‘π’ untuk tunjukkan nilai pi sebagai bilangan konstan 3, 1415. . . Sebelumnya penemuan Jones, penaksiran seperti 22/7 serta 355/113 juga sudah digunakan untuk perlihatkan rasionya.

Untuk menerangkan peranannya, ia menuliskan, “Proporsi yang pas pada diameter serta keliling tidak akan dinyatakan dalam angka ” . Oleh karenanya, butuh pemakaian lambang untuk mewakili angka baik yang mendekati. Jones mengaku kalau cuma lambang platonik murnilah yang dapat mencukupi.

Pada 1708, Jones sukses mengakuisisi satu perpustakaan serta arsip luas, yang diisi sebagian tulisan Newton dari 1670-an. Th. selanjutnya, ia memajukan permintaan untuk mengajar di Sekolah Matematika Tempat tinggal Sakit Kristus, tetapi tidak diterima.

Jones kembali jadi tutor pribadi, namun ia juga ikut menolong Newton merampungkan perselisihan dengan pakar matematika Jerman, Gottfried Leibniz, yang memperdebatkan siapa penemu kalkulus pertama.

Pada 1712, Jones gabung dengan komite yang dibuat oleh Royal Society, untuk memastikan siapa penemu kalkulus. Ia sudah jadi bagian dari perubahan matematika.

Lantas, bagaimana sesungguhnya langkah Pi Day dirayakan?

 

1. Makan kue pai (pie)

Ini yaitu langkah perayaan Pi Day yang paling mengasyikkan. Menelan kue pai jadi langkah perayaan yang umum dikerjakan waktu Pi Day. Mengapa mesti kue pai?

Terdapat banyak argumen yang menerangkan mengapa Pi Day identik dengan kue pai. Pertama karna langkah membaca π (pi) serta pie (pai) yang serupa. Ke-2, juga karna 3, 14 seperti tulisan pie yang di balik.

Pada peringatan besar-besaran Pi Day pertama kalinya, th. 1988, fisikawan Larry Shaw dengan stafnya rayakan Pi Day dengan menelan kue pai buah.

Diluar itu, bentuk kue pai yang bulat juga mengingatkan peranan serta arti perlu π (pi) dalam matematika.

Karenanya, hari ini silakan nikmati beragam kue pai yang Anda sukai. Dapat pula buat kue pai istimewa dengan simbol π (pi) dibagian atasnya untuk memperingati hari ini.

2. Pesta Pizza

Tidak dapat temukan kue pai? tidak jadi masalah. Perayaan Pi Day dapat juga dikerjakan dengan pesta pizza. Tidak terdengar jelek bukan?

Sama dengan kue pai, pizza juga mempunyai bentuk yang bulat. Karenanya, memperingati Pi Day dengan pizza, akan tidak kurangi esensi arti π (pi) .

Pesan beragam type pizza, atau buat sendiri dirumah dengan beberapa rekan atau keluarga. Kreasikan topping pizza dengan ornament π (pi) yang di buat dari jamur, sosis, atau paprika.

3. Merayakan pada 13. 59 siang

Pi Day dirayakan pada 14 Maret, persisnya pada jam 13. 59. Ada perbincangan, karna beberapa orang memiliki pendapat Pi Day dirayakan pada jam 1. 59 pagi karna memakai system 12 jam.

Tetapi jam perayaan yang paling umum yaitu pada jam 13. 59 siang. Perayaan dikerjakan sepanjang satu menit. Apa yang dikerjakan sepanjang satu menit? apa sajakah.

Ada yang lakukan pie war atau lempar kue pie, lakukan tarian pi hasil koreografi sendiri, melemparkan lelucon-lelucon lucu mengenai matematika atau berkaitan pi, bahkan juga sampai mengheningkan cipta untuk merenungkan makna perlu pi untuk kehidupan.

4. Permainan Pi

Bermain kuis yang terkait dengan π (pi) atau matematika juga mengasyikkan untuk dikerjakan waktu perayaan Pi Day. Terkecuali untuk memperingati π (pi) , juga sekalian mengasah kekuatan kita juga akan matematika.

Sediakan kuis yang terkait dengan geometri, trigonometri, atau materi beda yang memakai pi.

Kuis dapat juga dikerjakan lebih menarik, dengan memakai gambar maupun beberapa alat peraga.

Kerjakan permainan semenarik serta seasyik mungkin saja, umpamanya mereka yang salah menjawab diberi hukuman dengan dicoreng sinyal π (pi) dibagian muka dengan memakai bedak atau spidol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *